Senin, 20 Oktober 2014

Pembelajaran Problem Solving

Pembelajaran problem solving merupakan pembelajaran yang menggunakan metode mencari atau mendapatkan suatu cara penyelesaian dari suatu masalah. Metode pembelajaran problem solving ini akan melatih siswa untuk lebih kreatif dan juga kritis.

Menurut Sudjana pembelajaran problem solving merupakan model pemecahan masalah yang menitikberatkan pada aktivitas belajar siswa dalam memecahkan masalah, baik itu secara mandiri atau perorangan maupun secara kelompok. Pada metode pembelajaran ini guru berperan sebagai pemberi informasi sedangkan siswa sebagai apresiator yang harus berpartisipasi mengenai informasi yang telah disampaikan.

Metode pembelajaran ini sangat cocok untuk pelajaran bukan ilmu pasti, hal ini dikarenakan dlam metode pembelajaran ini memuat unsur penyelesaian masalah dan juga pencarian pemecahan masalah yang paling baik.

Pembelajaran problem solving ini memiliki tujuan agar siswa mampu berpikir lebih kritis, analisis, serta cekatan dalam menghadapi setiap masalah.

Prosedur pelaksanaan pembelajaran ini yaitu kegiatan pra-instruksional yang merupakan kegiatan mengkondisikan kesiapan siswa untuk belajar serta memberikan motivasi belajar kepada siswa. Kegiatan yang kedua yaitu kegiatan instruksional.

Dalam kegiatan instruksional ini melalui 5 langakah yaitu, guru memberikan informasi atau bahan sebagai sumber yang akan diidentifikasi mashnya oleh siswa, membentuk kelompok yang terdiri dari beberapa orang siswa, kelompok yang terbentuk kemudian mendiskusikan pemecahan masalah dari informasi yang telah diberikan, setiap kelompok membacakan hasil diskusi kelompoknya didepan kelas agar ditanggapi oleh kelompok yang lain, semua siswa mengambil kesimpulan tentang pemecahan masalah yang telah didiskusikan oleh setiap kelompok.
Semoga bermanfaat.
Artikel menarik lainnya :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar