Jumat, 14 November 2014

Tujuan Perencanaan Pembelajaran

Perencanaan pembelajaran adalah sebuah usaha atau upaya untuk menjalankan proses pembelajaran supaya dapat berjalan dengan efektif agar bisa mendapatkan hasil pembelajaran yang sesuai dengan rencana.

Ada banyak tujuan dalam perencanaan pembelajaran :

1. Perencanaan pembelajaran dapat menjadikan suatu jalannya proses pembelajaran menjadi lebih teratur sehingga dapat memudahkan bagi para guru maupun siswa untuk melakukan evaluasi.

2. Memudahkan guru dalam menyampaikan materi-materi dalam proses pembelajaran serta memudahkan dalam penentuan target karena telah direncanakan dari awal.

3. Dengan adanya perencanaan yang baik akan memudahkan guru dan siswa dalam memahami perannya dalam proses pembelajaran. Hal ini dikarenakan mereka sudah paham tugas-tugas dari guru serta siswa.

4. Dengan adanya perencanaan pembelajaran di awal maka diharapkan dapat menghemat waktu dalam proses pembelajaran.

Mengingat pentingnya sebuah perencanaan dalam pembelajaran, sebaiknya anda sebagai seorang guru harus bisa membuat perencanaan pembelajaran sebelum proses pembelajaran dilaksanakan. Hal ini akan memudahkan anda dan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran dan perolehan hasil belajar yang maksimal.

Artikel menarik yang lain :
macam model pembelajaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar